h2.date-header { margin:1.5em 0 .5em; } Widget edited by super-bee

Laman

Sukai dan Gabunglah ke fans page "SUMBER ILMU PENAMBAH WAWASAN" untuk mendapatkan update artikel menarik lainnya, yang pastinya bakal menambah wawasan pengetahuan kita. Stay tune :)

Kamis, 27 Juni 2013

Ronaldo Tanam Mangrove di Bali

DENPASAR - Langkah bintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo menjadi duta forum peduli mangrove Bali semakin mantap setelah mendapat sokongan penuh dari sang kekasih, Irina Shayk.

Dukungan atas dirinya sebagai duta mangrove diberikan super model asal Rusia itu, sehingga Ronaldo ingin membuktikan kecintaanya terhadap kelangsungan hidup pohon mangrove.

Saat menggelar jumpa pers di Kuta, Ronaldo didampingi bos Artha Graha Group, Tomy Winata. Tommy menyampaikan kisah singkat kesediaan striker Real Madrid itu menjadi duta mangrove.

"Saat itu saya bertemu dia (Ronaldo) di Eropa dalam sebuah acara," beber Tommy Winata,Rabu 26 Juni.

Karena melihat potensi Ronaldo sebagai bintang sepak bola dunia, Tommy menawarkan agar Ronaldo menjadi duta mangrove.

Rupanya, tawaran itu langsung diterima antusias Ronaldo apalagi dia pernah datang ke Indonesia dan merasa senang diberi penghargaan itu.

Tomy melanjutkan, hal tak kalah pentingnya adalah dukungan moral kekasihnya.

"Ronaldo ingin sikapnya yang cinta lingkungan bisa diketahui orang Indonesia. Dia mau melakukan semua itu tanpa syarat apa pun," imbuhnya.
(tbn)

sumber ilmu disini 



Oleh Gede H. Cahyana
Ronaldo tak hanya terampil memasukkan bola ke gawang lawan, tetapi juga berusaha terampil memasukkan stek tanaman mangrove ke dalam tanah berair asin di Tanjung Benoa, Bali. Bersama presiden dan para menterinya, CR7 ini menyekop tanah yang disediakan panitia lalu menuangkannya di sekitar tanaman mangrove setinggi satu meter. Mengapa bintang tenar dunia sepakbola ini mau menjadi Duta Forum Mangrove Indonesia? Apakah ia seorang ekologis? Biologis? Environmentalis
Ternyata alasannya sederhana. Ia terkesan pada seorang bocah yang mengenakan kaos bertuliskan namanya. Ketika tsunami Aceh dulu, bocah ini selamat dari tarikan Smong karena tersangkut di pohon mangrove (bakau). Bisa dikatakan, lantaran itulah ia paham bahwa mangrove dapat menjadi penyelamat manusia dari hantaman gelombang laut nan dahsyat. Namun demikian, ada satu komponen yang juga perlu dikuatkan gemanya ke masyarakat, terutama warga di pesisir, yaitu terumbu karang. Mangrove dan terumbu karang ini saling mempengaruhi, mereka bersimbiosis secara tidak langsung. Mereka "pacaran" jarak jauh. 
Berbeda dengan mangrove, terumbu karang ini disusun oleh kalsium karbonat (CaCO3) dari hewan Coral dan Calcifying organisms yang lain. Jika mangrove rusak maka fotosintesis yang memanfaatkan karbondioksida di pesisir berkurang sehingga kelarutannya di dalam air membesar. Hipotesis lembaga nasional Jepang NIRE (National Institute for Resources and Enviromnet), 50% CO2 dari kegiatan manusia (antropogenik) dijerap (absorbsi) oleh laut. Inilah yang dapat menggerus dan menghancurkan terumbu karang. Dengan kata lain, peningkatan pemakaian BBM pun, yang baru saja naik harganya, akan meningkatkan kerusakan terumbu karang.
Menurut proyeksinya, konsentrasi CO2 tahun 2065 nanti menjadi duakali dari konsentrasinya pada era pra-industri (tahun 1800-an). Menurut Joan Kleypas (Science Vol. 284, April 1999) penurunan kalsifikasi (pengapuran) sampai tahun 2100 adalah 35% yang dampaknya pada penurunan potensi tumbuh karang (Reef-Building Capacity) sehingga karang menjadi getas (fragile coral skeleton), terjadi reduksi pertumbuhan dan peningkatan laju erosi. Muaranya adalah kehancuran terumbu karang.
Itulah peran sentral kawasan mangrove (the coastal green belt) yang luasnya di Indonesia pada dekade delapan puluhan sekitar 4,25 juta ha. Kini, taksiran optimisnya 3 juta ha sedangkan pesimisnya 2,5 juta ha. Itu terjadi akibat diserbu kepentingan komersial, pertambangan, tambak, pertanian dan pemukiman baru. Selain itu fungsinya ialah filter pencemar, pencegah intrusi air laut, penangkal erosi, sumber plasma nutfah dan habitat flora fauna. Floranya terdiri atas perdu, pohon, rerumputan, tumbuhan menjalar, merambat, jenis paku-pakuan dan tumbuhan epifit lainnya. Beragam jenis burung bersarang di hutan mangrove termasuk primata, reptil, amfibi dan serangga.
Tema acara di pesisir Benoa, Kab. Badung, Bali itu adalah Save the Mangrove, Save the Earth dengan upaya untuk merehabilitasi hutan mangrove agar berperan ekonomis dan memiliki jasa lingkungan. Terlihat betapa mangrove memberikan kontribusi positif bagi kawasan pantai, menahan pemanasan global, pelindung terumbu karang. Artinya, sikap bersahabat dengannya dapat mengurangi dampak bencana, sebagai sebuah ikhtiar.
Akhirnya, manusialah (bukan flora dan fauna) yang memperoleh amanat karena berpotensi membina dunia walaupun dia dapat menjadi lebih buas daripada binatang terbuas, dari the best menjadi the beast. The beast mentality. *
sumber ilmu disini

Alasan Ronaldo bersedia jadi duta mangrove Bali

 

Alasan Ronaldo bersedia jadi duta mangrove Bali
Cristiano Ronaldo / DL
Sindonews.com -  Bintang sepak bola termahal dunia 2008 Christiano Ronaldo bersedia menjadi duta forum peduli mangrove Bali tak lepas dari simpatinya terhadap kisah bocah korban tsunami Aceh yang selamat dari maut dengan bertahan di atas pohon mangrove.

Paparan kisah kecintaan Ronalo terhadap mangrove itu disampaikan Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan saat memberi sambutan pada acvara penanaman mangrov bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Tanjung Benoa Kabupaten Badung, Bali, Rabu (26/6/2013).

"Semuanya berawal saat kunjungan Ronaldo ke Aceh menemui korban bencana tsunami di Aceh, ada anak bangsa bernama Martunis kelas III SD kehilangan orang tua dan keluarganya," tutur Zulkifi dalam acara yang dihadiri Ibu Negara ANi Yudhoyono dan beberapa menteri.

Ketika bencana tsunami tahun 2004 datang, Martunis Selama 9 hari laut terkatung-katung bertahan di tengah laut. Sampai kemudian dia tersangkut di atas pohon mangrove dan nyawanya berhasil selamat dari maut.

Kebetulan saat kejadian, Martunis yang memang pengagum berat Ronalod tengan mengenakan baju kaos bertuliskan nama Ronaldo lengkap dengan nomor punggung 7.

Berita mengharukan perjuangan seorang bocah bertahan dari dahsyatnya bencana tsunami akhirnya terdengar juga ke telinga pesepakbola asal Portugal itu.

Sampai akhirnya, Ronaldo berkeinginan kuat pergi ke provinsi serambi mekah itu guna Martunis dan korban tsunami lainnya.

"Itulah sebabnya, Ronaldo sangat mencintai pohon mangrov dan menyatakan bersedia menjadi duta mangrove Bali," tandasnya.

Saat menyampaikan sambutannya dalam bahasa Portugal yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia, Ronaldo berharap keberadaanya di Indonesia sebagai duta mangrove Bali dapat memberi inisiasi dorongan semangat ke masyarakat dunia untuk menyelamatkan hutan mangrove di muka bumi.

(wbs)

sumber ilmu disini

Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler

Get this widgetGet this widget

berlanganan gratis via email
  RSS
 
 FB
- See more at: http://achsanarea23.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-emoticon-kaskus-pada-blog.html#sthash.AYz31Uqu.dpuf