h2.date-header { margin:1.5em 0 .5em; } Widget edited by super-bee

Laman

Sukai dan Gabunglah ke fans page "SUMBER ILMU PENAMBAH WAWASAN" untuk mendapatkan update artikel menarik lainnya, yang pastinya bakal menambah wawasan pengetahuan kita. Stay tune :)

Rabu, 26 Juni 2013

Tips Mengatasi Ospek di Kampus atau Sekolah

Illustrasi: Ospek
OSPEK atau singkatan dari orientasi siswa dan pengenalan kampus merupakan kegiatan yang diadakan oleh sekolah atau perguruan tinggi mana kala datangnya tahun ajaran baru. OSPEK itu sendiri dimaksudkan untuk memberikan pengarahan atau pendidikan pada siswa/mahasiswa baru mengenai tradisi, cara sosial, tatakrama dan etika dimana tempat belajar mereka nanti. Tujuan utamnaya adalah agar siswa/mahasiswa baru dapat mengenali dengan baik mengenai lingkungan belajar mereka dan mengenali siapa saja rekan belajar yang akan mereka jalani beberapa tahun kedepan.

Dengan semakin berjalannya waktu, kebudayaan OSPEK menjadi hal yang biasa. Diantaranya kemudian ada yang berevolusi menjadi kegiatan-kegiatan perpeloncoan dengan maksud-maksud tertentu yang tidak jelas. Akhirnya diantara siswa/mahasiswa baru tersebut merasa enggan untuk menjalani proses ini, akibatnya terjadi perasaan yang bersifat keterpaksaan pada lingkungan baru yang tidak sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Akibat lain adalah jika kegiatan ini tidak di jalani dengan baik maka akan terjadi pemborosan efisiensi kegiatan yang akhirnya sia-sia. Kemudian potensi pribadi siswa tidak dapat berkembang dengan baik di lingkungan belajar barunya tersebut.

Beberapa kali kegiatan OSPEK menjadi ancaman besar bagi siswa yang akan memasuki masa pendidikan  baru yang lebih tinggi. Tidak jarang juga diantara siswa tersebut merasa enggan dan trauma pada kejadian-kejadian yang sudah ia alami. Kegiatan ini pula akhirnya menjadi permasalahan baru bagi dunia pendidikan karena  banyak kasus perpeloncoan yang akhirnya tersebar di dunia publik. Walaupun demikian, diantara banyak sekolah dan perguruan tinggi ada juga yang tetap mempertahankan tradisi OSPEK tersebut. Bagi siapa saja yang akan menghadapinya tidak usah merasa khawatir dan dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut untuk tips dan cara menjalani masa OSPEK agar terasa lebih berkesan.
1. Jalani Sebagai Kesan Pertama
Kegiatan OSPEK pada masa kini bukan lagi kegiatan kekerasan seperti pada masa lalu yang suram. Walaupun memang masih bisa saja terjadi, maka anda bisa menjalaninya sebagai kesan pertama dimana anda mengingatnya sebagai pengalaman yang berkesan. Ingatlah bahwa pada masa OSPEK, anda tidak melakukannya secara sendiri-sendiri melainkan bersama dengan rekan satu angkatan anda yang diantaranya juga merasakan apa yang sedang anda rasakan. Hal ini lah sesuatu hal yang bisa anda ingat sebagai motivasi agar anda dapat tetap bertahan selama mungkin pada masa OSPEK tersebut.

2.Hati-Hati Bersikap.
Bersikaplah dengan sewajarnya, sopan dan tetap berhati-hati pada setiap tindakan yang anda lakukan. Sikap yang baik akan menentukan bagaimana cara pandang para senior anda. Jika anda tetap menjaga sikap dan tatakrama maka diharapkan terjalin nuansa positif selama anda mengikuti kegiatan OSPEK tersebut. Jangan pernah menentang perintah senior pada kondisi apapun selama apa yang mereka perintahkan dapat diterima dengan akal sehat. Anggaplah setiap hukuman dan peringatan pada diri anda adalah pelajaran yang harus anda ingat sebagai pengalaman yang sangat berkesan.

3.Membela Diri Dengan Logika
Untuk dapat menghadapi senioritas pada kegiatan OSPEK adalah dengan menggunakan alasan-alasan yang masuk akal. Gunakan pengetahuan sederhana anda untuk dapat menghadapi hukuman yang berlebihan seperti apapun. Kendalikan emosi anda, karena hal tersebut tidak dapat menjadi pemecahan masalah atas apa yang sedang anda hadapi. Tetaplah berfikiran positif dan jaga komunikasi anda dengan rekan sejawat, sehingga anda akan lebih mengenal lingkungan sekitar.

4.Buatlah Waktu Menjadi Lebih Singkat
Disini bukan berarti anda disarankan untuk menyingkat waktu atau merubah jam tangan anda menjadi lebih cepat. Namun artian waktu disini adalah aktifitas anda pada saat kegiatan OSPEK berlangsung. Gunakanlah waktu kegiatan anda dengan sebaik mungkin dan tetap berperan aktif pada saat kegiatan sedang berlangsung. Jangan pernah sia-siakan waktu yang ada dengan kekosongan kegiatan yang berdampak negatif bagi anda. Dengan terus beraktifitas pada masa kegiatan, maka dengan sendirinya anda telah mempersingkat waktu kegiatan. Anda tidak akan merasakan bahwa kegiatan tersebut berlangsung lama, namun dengan berperan aktif dan semangat yang tinggi anda akan merasakan sensai waktu yang terasa lebih singkat.

5.Abadikan Kegiatan Ini

Harapan setelah kegiatan berakhir pada setiap siswa yang menjalaninya adalah agar kegiatan OSPEK tersebut mendapatkan hasil yang mengesankan. Terlebih pada saat anda bisa menceritakan pengalaman-pengalaman tersebut pada rekan atau orang tua anda di rumah. Hal ini akan terasa sangat menarik dan menimbulkan pandangan positif dari mereka yang menengarnya atas kegiatan yang sudah anda jalani. Pada intinya adalah agar anda bisa berbagi cerita dan mengungkapkan isi terdalam kesan hati anda setelah mengikuti kegiatan OSPEK tersebut.
 
sumber ilmu disini
Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler

Get this widgetGet this widget

berlanganan gratis via email
  RSS
 
 FB
- See more at: http://achsanarea23.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-emoticon-kaskus-pada-blog.html#sthash.AYz31Uqu.dpuf