h2.date-header { margin:1.5em 0 .5em; } Widget edited by super-bee

Laman

Sukai dan Gabunglah ke fans page "SUMBER ILMU PENAMBAH WAWASAN" untuk mendapatkan update artikel menarik lainnya, yang pastinya bakal menambah wawasan pengetahuan kita. Stay tune :)

Jumat, 22 November 2013

5 Tips Menghilangkan Rasa Mengantuk dengan Lebih Cepat

Sebelum mengupas tuntas 5 tips menghilangkan ngantuk, terlebih dahulu kita ketahui penyebab rasa kantuk muncul. Normalnya seseorang akan merasa ngantuk bila badannya membutuhkan istirahat dan terlalu lelah, sehingga tubuh mengisyaratkan kepada otak dan mata untuk segera tidur tandanya dengan menguap atau mata terasa berat.

Aliran oksigen ke otak yang kurang juga sering menyebabkan kantuk. Oleh sebab itu seseorang yang makan berlebih hingga terlalu kenyang akan mengantuk sesaat setelah makanan dilahap habis.

Mengantuk boleh saja, namun bila kondisi ini terjadi di kala tidak tepat akan mendatangkan kerugian. Mengantuj di kelas saat guru atau dosen mengajar, mengantuk waktu bekerja di kantor, ataupun menguap saat memberikan penjelasan. Tentu hal-hal tadi tidak diinginkan siapa saja.

Berikut ini cara menghilangkan ngantuk dengan cepat tanpa obat antara lain :

1. Atur kembali jadwal tidur

Jika setiap kali bekerja atau belajar merasakan ngantuk yang berlebih, maka itu tandanya ada yang salah pada rutinitas sehari-hari. Cobalah untuk merefleksi aktivitas (kebiasaan dan agenda) yang dilakukan dalam satu hari penuh. Tidur yang paling baik dilakukan sebelum jam 22.00, terkadang kita meremehkan untuk tidur awal. Tapi sebenarnya tidur yang cukup merupakan modal besar untuk lebih produktif di esok hari dengan badan yang fresh dan ringan.

Asyik nonton film, mengobrol, bergadang, ngegame dan lain sebagainya umumnya menjadi dalih untuk tidak menidurkan diri lebih awal. Bila berat untuk tidur jam 10 malam maka usahakan tidak untuk bergadang melebihi tengah malam atau 24.00. perbaiki perlahan-lahan kebiasaan di rumah khususnya masalah istirahat.

2. Meninggalkan sebentar aktivitas yang membosankan
Tips ini tidak menganjurkan untuk berhenti bekerja, namun bila mengantuk kala bekerja ada baiknya untuk meluangkan beberapa menit untuk merefresh diri. Caranya dapat dengan berjalan santai di ruangan kerja atau gedung, melihat obyek selain yang dikerjakan, atau bercanda ringan dengan tim kerja. Cara ini cukup efektif untuk mengalihkan konsentrasi seseorang pada hal yang dianggap membosankan, sehingga pikiran kembali tersegarkan.

3. Meminum kopi, teh atau air putih

Semua orang tahu bahwa kopi bisa mengusir kantuk dengan cepat, namun tidak semuanya menyukai kopi disebabkan alasan tertentu. Bagi yang tidak terlalu suka dengan kopi dapat digantikan dengan teh atau air putih. 

4. Cuci muka

Segeralah pergi ke ruang kamar mandi untuk membasuh muka. Wajah menjadi segar kembali setelah cuci muka, otot-otot di muka juga akan terasa ringan.

5. Olahraga yang teratur

Tubuh yang tidak sehat akan mengakibatkan banyak pengaruh negatif, salah satunya gampang mengantuk. Lakukanlah olahraga ringan setiap minggunya, bisa 2 atau tiga kali. Upayakan badan berkeringat saat berolahraga, karena racun dan zat merugikan dalam tubuh dapat terbawa keluar bersama keringat yang mengucur kala berolahraga.

Semoga ulasan ringan mengenai cara mengusir ngantuk dengan cepat ini bermanfaat bagi Anda yang bekerja atau saat ini sedang belajar.

sumber ilmu disini
Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. ketawa.... tertawa terbukti menghilangkan kantuk... coba saja... :D

    BalasHapus
  2. Mr. Sens titanium necklace - Titanium Arts
    Mens titanium necklace man titanium bracelet - We have a selection of 10 snow peak titanium flask genuine is titanium a metal jewelry items titanium dioxide for men does titanium have nickel in it and women. See what other people love about this jewelry.

    BalasHapus

Artikel Terpopuler

Get this widgetGet this widget

berlanganan gratis via email
  RSS
 
 FB
- See more at: http://achsanarea23.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-emoticon-kaskus-pada-blog.html#sthash.AYz31Uqu.dpuf