h2.date-header { margin:1.5em 0 .5em; } Widget edited by super-bee

Laman

Sukai dan Gabunglah ke fans page "SUMBER ILMU PENAMBAH WAWASAN" untuk mendapatkan update artikel menarik lainnya, yang pastinya bakal menambah wawasan pengetahuan kita. Stay tune :)

Senin, 01 Juli 2013

5 Fakta Menarik Tentang Gigi


Penyakit Gigi
Okearea – Gigi merupakan organ manusia yang sangat penting. Tanpa gigi manusia tidak bisa mengunyah makanan dengan gigi. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan sebelum masuk ke perut, semakin lembut asupan makanan, maka semakin mudah dicerna oleh lambung. Masa ini berlangsung sejak anak-anak sampai sekarang.
Mengingat fungsinya yang begitu besar, tahukah anda bahwa bukan hanya makanan manis yang dapat merusak gigi!. Mari lihat ulasan berikut ini makanan-makanan yang dapat merusak gigi.
1 Makanan asam dapat merusak gigi
Selain makanan manis, segala makanan yang mengandung asam ternyata bisa merusak gigi. Soft drink, permen asam, dapat menyebabkan lapisan enamel gigi menjadi erosi! Robyn Loewen, DDS, seorang fellow dari American Academy of pediatric Dentistry, menyatakan, jika  ingin mengonsumsi makanan yang mempunyai sifat asam tinggi, konsumsilah bersama dengan makanan lain. Kemudian, segera sikatlah gigi secara rutin dengan baking soda yang terbukti menetralisasi asam di dalam mulut sehingga bisa mengurangi bakteri asam penyebab karies.
2. Enamel, bahan keras tapi mudah pecah
Biji popcorn, Es adalah beberapa hal yang bisa merusak gigi. Tidak seperti halnya kulit, gigi tidak bisa tumbuh kembali jika bukan gigi susu. Biji popcorn dan gigi akan saling bertumbukan sehingga ini menyebabkan kerusakan pada gigi.
3. Kehilangan gigi bisa dialamin manusia di usia berapapun
Beberapa orang memang lahir dengan gigi yang tidak sempurna. Sering kali tidak sama pada setiap orang adalah gigi bungsu yang tumbuh paling akhir. Akan tetapi, sering kali penyebab kehilangan gigi  adalah penyakit gusi dan karies. Sebuah studi penelitian menunjukkan 22,8 persen penduduk AS berusia 65-74 tahun dan 29 persen penduduk AS berusia 75 tahun ke atas memakai gigi palsu.
4. Kelebihan Fluoride bisa berakibat buruk
Kita tahu fluoride sangat penting supaya gigi lebih sehat. Tetapi, untuk anak usia di bawah 8 tahun, fluoride yang berlebih akibat pasta gigi yang tertelan dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kondisi yang disebut fluorosis. Umumnya, fluorosis diawali kondisi yang terlihat seperti titik putih dan akhirnya menjadi kecoklatan.
Agar anak tidak menelan pasta gigi, selalu dampingi mereka ketika menyikat gigi dan beri tahu  pasta cukup untuk anak hanya sebesar kacang kedelai ke sikat gigi sehingga jika tertelan. Kebanyakan kasus fluorosis ini bisa terjadi karena pasta gigi yang tertelan dalam jumlah banyak. Disarankan cupaya anak-anak diberi pasta gigi yang bebas fluoride sampai mereka mengerti  mengeluarkan hasil kumur-kumur yang dilakukan.
5. Kawat gigi bisa sebabkan kavitas
Gosoklah gigi dengan baik jika ingin gigi yang sedang dirapikan tumbuh menjadi gigi yang sehat. Sebab, jika tidak, makanan, bakteri, dan asam akan tejebak di sekitar kawat gigi dan bisa menyebabkan enamel terkikis, hal ini dinyatakan oleh Raymond George Sr, DMD, Presiden American Association of Orthodentists.
Karies juga bisa bermula dari braket yang ada di sekitar kawat gigi. Meskipun kerusakan tersebut tidak sampai menjadi lubang, hal itu dapat menyebabkan demineralisasi sehingga akan terlihat titik putih di gigi.

Editor : Asmawi | Sumber : doktergaul

sumber ilmu disini
Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler

Get this widgetGet this widget

berlanganan gratis via email
  RSS
 
 FB
- See more at: http://achsanarea23.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-emoticon-kaskus-pada-blog.html#sthash.AYz31Uqu.dpuf